Pamerkan Karya Terbaikmu Melalui Lomba Foto dan Video Konstruksi Indonesia 2023

Indonesia mempunyai berbagai konstruksi menarik yang tersebar di seluruh penjuru negeri. Mulai dari gedung pencakar langit, beragam jenis jembatan, hingga cagar budaya, semuanya dapat ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut tentu sayang jika hanya dinikmati oleh sebagian orang. Sebagai individu yang memiliki passion di bidang fotografi dan videografi, kalian dapat berbagi pengalaman tersebut kepada masyarakat luas melalui lensa kamera.

Sebagai salah satu event infrastruktur terbesar di Indonesia, Konstruksi Indonesia 2023 memiliki berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah lomba foto dan video. Mengangkat tema “Konstruksi Berkelanjutan”, lomba ini berlangsung sejak 18 Juli hingga 19 September 2023. Tema ini dipilih dengan mengacu pada Permen PUPR Nomor 9 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Konstruksi Berkelanjutan yaitu sebuah pendekatan dalam melaksanakan rangkaian kegiatan yang diperlukan untuk menciptakan suatu fasilitas fisik yang memenuhi tujuan ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Sebagai informasi pembangunan Konstruksi Berkelanjutan harus memperhatikan tiga pilar dasar yang meliputi secara ekonomi layak dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menjaga pelestarian lingkungan dan mengurangi disparitas sosial masyarakat. Berdasarkan penjelasan tersebut, berikut adalah contoh konstruksi yang sesuai dengan tema terkait.

  • Konstruksi Bidang Jalan dan Jembatan (jalan, jembatan, jembatan gantung, dan sebagainya).
  • Konstruksi Bidang Sumber Daya Air (bendungan, irigasi, tanggul, dan sebagainya)
  • Konstruksi Bidang Cipta Karya (penataan kawasan kumuh, revitalisasi cagar budaya, pembangunan sekolah, pasar, stadion, dan sebagainya).
  • Konstruksi Bidang Perumahan (rumah susun, rumah khusus, bedah rumah, dan sebagainya).

Setiap peserta dapat mengeksplor konstruksi-konstruksi tersebut dan menangkap momen terbaiknya. Diyakini bahwa setiap fotografer dan videografer memiliki sentuhan khasnya masing-masing. Maka, jangan lupa untuk menyertakan hal tersebut pada setiap karya, termasuk pada karya yang akan diikutsertakan dalam lomba foto dan video ini.

Baik lomba foto maupun video, keduanya terbagi menjadi dua kategori, yakni umum dan pelajar. Perbedaan antara kategori umum dan pelajar adalah sebagai berikut.

  • Kategori umum dapat diikuti oleh siapa saja, sedangkan kategori pelajar hanya bisa diikuti oleh peserta yang masih terikat dengan institusi pendidikan (SMA/K, perguruan tinggi, dan lainnya).
  • Kategori umum wajib menggunakan kamera digital (DSLR, pocket, mirrorless, dan drone), sedangkan kategori pelajar diperbolehkan menggunakan kamera gawai (smartphone).

Pengumpulan foto dan video masih terbuka hingga tanggal 19 September 2023. Bagi kalian yang belum melakukan registrasi dan mengumpulkan karya, bisa melakukannya di portal.konstruksiindo.id/contestant/register. Pengumpulan karya dilakukan dengan cara mengunggah foto dan video melalui laman yang tersedia di  website Konstruksi Indonesia 2023 dengan kurang file maksimal sebesar 50 MB. 

Sebelumnya, peserta harus mengikuti akun Instagram @kemenpupr, @pupr_binakonstruksi @konstruksiindonesia_official, @ismailrajasulbar, @beawiharta, dan @thaibchaidar. Kemudian, unggah foto dan video tersebut ke akun Instagram kalian yang tidak di-private dengan memberi judul, caption, dan hashtag #lombafotokonstruksiindonesia2023 #konstruksiPUPRberkelanjutan. Pastikan bahwa foto dan video yang dikumpulkan telah memenuhi syarat umum dan khusus yang dapat dilihat di Instagram dan website Konstruksi Indonesia 2023

Karya-karya yang diikutsertakan dalam lomba ini, nantinya akan di-review dan dinilai oleh tiga orang juri ternama, yaitu Fotografer Bea Wiharta, Fotografer Thaib Chaidar, serta Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Surabaya, Ismail Abdul Muthalib. Setelah penilaian selesai, pemenang lomba foto dan video akan diumumkan pada tanggal 13 Oktober 2023. Para pemenang akan mendapatkan hadiah dengan total Rp 85.000.000 dan juga sertifikat.


Segera kumpulkan karya foto dan video terbaik kalian selama periode pengumpulan masih terbuka. Jangan lewatkan kesempatan untuk memamerkan kepada publik mengenai keindahan infrastruktur di Indonesia berdasarkan perspektif kalian. Jadilah bagian dari Konstruksi Indonesia 2023.

SEBARKAN ARTIKEL INI!