SIBIMA KONSTRUKSI JADI SALAH SATU PELAYANAN PUBLIK TERBAIK

SIBIMA KONSTRUKSI (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi) masuk TOP 99 Pelayanan Publik Terbaik Indonesia pada Kompetisi SINOVIK 2017. SIBIMA Konstruksi yang dikembangkan oleh Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi merupakan pengembangan dari pelatihan jarak jauh/distance learning yang dimulai sejak tahun 2014.

SIBIMA KONSTRUKSI (Sistem Informasi Belajar Intensif Mandiri Bidang Konstruksi) masuk TOP 99 Pelayanan Publik Terbaik Indonesia pada Kompetisi SINOVIK 2017. SIBIMA Konstruksi yang dikembangkan oleh Balai Penerapan Teknologi Konstruksi Ditjen Bina Konstruksi merupakan pengembangan dari pelatihan jarak jauh/distance learning yang dimulai sejak tahun 2014.

SIBIMA dikembangkan untuk menjawab tantangan pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) konstruksi nasional, diantararanya pelatihan konvensional yang mahal, serta kapasitas dan jangkauan yang terbatas. Sistem informasi ini berperan sebagai inovasi delivery sistem dalam rangka capacity building SDM konstruksi nasional yang menjangkau seluruh pelosok nusantara dengan konsep pelatihan jarak jauh/distance learning yang inklusif, bersifat mudah, murah, cepat dan berkualitas. Saat ini SIBIMA dapat diakses melalui website pjjak.net.

 Dirjen Bina Konstruksi, Yusid Toyib, mengingatkan kepada Balai Penerapan Teknologi Konstruksi, bahwa sesuai dengan Permen PUPR nomor 17/PRT/M/2016 layanan publik SIBIMA Konstruksi harus segera migrasi ke web hosting www.pu.go.id guna peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam proses migrasi sistem ini harus tetap memperhatikan kontinuitas layanan bagi masyarakat.”, ujar Yusid Toyib.

Kompetisi inovasi pelayanan publik 2017 dilakukan melalui beberapa proses, yaitu: proses registrasi dan pengadministrasian; serta proses penilaian yang dilakukan berjenjang mulai dari seleksi administrasi oleh sistem aplikasi (SINOVIK), seleksi proposal oleh Tim Evaluasi, presentasi dan wawancara di depan Tim Panel Independen. Semua proses penilaian dilaksanakan secara kredibel dan akuntabel berdasarkan pembuktian yang dapat dipertanggungjawabkan, serta dapat diakses oleh publik dengan dokumentasi lengkap.

Kompetisi inovasi pelayanan publik SINOVIK 2017 diadakan oleh Kementerian PANRB yang diikuti oleh 3.054 layanan. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara nasional, dan sistem penilaiannya mengacu kepada pola yang diterapkan pada United Nation Public Service Award (UNPSA).

 

SEBARKAN ARTIKEL INI!