0
0
0
s2sdefault

WhatsApp Image 2021 07 14 at 11.17.51

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut berpartisipasi aktif dalam menanggulangi peningkatan jumlah penderita Covid-19 dengan menyiapkan tempat fasilitas isolasi/observasi bagi pegawai Kementerian PUPR yang terpapar Covid-19, yaitu Gedung Pengembangan Kapasitas SDM di wilayah Citeureup, Bogor Jawa Barat. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono melakukan kunjungan lapangan untuk meninjau kesiapan Gedung Pengembangan Kapasitas SDM di wilayah Citeureup, Bogor Jawa Barat, Selasa (13/7).

“Gedung Pengembangan Kapasitas SDM Citeureup siap dioperasikan. Saya sampaikan juga bahwa di samping disiapkan ruangan-ruangan bagi para pegawai PUPR yang melakukan isolasi mandiri, lokasi ini bisa juga dimanfaatkan sebagai area hutan yang dibentuk menjadi kebun cluster” Ucap Basuki.

Penyiapan gedung fasilitas isolasi mandiri tersebut merupakan salah satu upaya peningkatan kuantitas dan kualitas pelayanan terhadap kebutuhan penanganan para pegawai kementerian PUPR yang terdampak covid-19.

Terdapat enam area yang dapat dimanfaatkan pegawai yang sedang menjalankan isolasi mandiri antara lain: Mess pasien yang kapasitas tampungnya  untuk masing-masing Mess adalah 40 kamar; ruang IGD yang terdapat fasilitas jaringan Internet, TV, Master Interkom dan Master Layar CCTV untuk memantau pasien;  Kamar Operasional Terdapat 6 Kamar yang dimanfaatkan sebagai ruangan tenaga medis;  Kamar Petugas Medis terdapat 6 Kamar yang dimanfaatkan untuk tempat istirahat petugas medis yang bertugas; Plaza berjemur terdapat 3 lokasi plaza yang digunakan untuk berjemur (2 Plaza di sekitar Mess Pasien dan 1 plaza di area Gazeeboo);  dan Posko Covid-19.

Selain itu pula Kementerian PUPR juga memastikan bahwa fasilitas penunjang seperti Pengaspalan Jalan, Pembuatan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL), Penyediaan Tempat Sampah Medis, Penyediaan Air Baku, Penyediaan Hidran Unit (HU), Pembangunan Ground Water Tank Baru, Perapihan Landscaping, Pemasangan Instalasi PDAM ke G, dipastikan dalam kondisi yang cukup baik.

Dengan demikian, diharapkan para pasien Covid-19 yang menempati rusun tersebut bisa melakukan isolasi mandiri dengan baik sehingga mereka bisa merasa nyaman dan dapat meningkatkan imun tubuhnya untuk mempercepat penyembuhan.

Turut mendampingi Menteri PUPR dalam kunjungan tersebut antara lain: Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR M. Zainal Fatah, Plt. Direktur Jenderal Bina Konstruksi Trisasongko Widianto, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi dan Lingkungan Endra Atmawidjadja, Staf Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Asep Arofah, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina konstruksi Dewi Chomistriana, dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane Bambang Heri Mulyono.*

 

Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account